Purwanti, Syintia Dewi (2018) HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN MAKANAN DENGAN SISA MAKANAN PADA PASIEN RAWAT INAP RSI HASANAH MUHAMMADIYAH MOJOKERTO. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Cover Dalam.pdf Download (122kB) |
|
Text
Pernyataan Keaslian.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Halaman Persetujuan.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
Text
Kata Pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kepuasan pasien terhadap pelayanan makanan merupakan salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan makanan di rumah sakit yang mempengaruhi tingkat kecukupan energi dan protein. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kepuasan pasien terhadap pelayanan makanan dengan kecukupan energi dan protein pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Islam Hasanah Muhammadiyah Mojokerto. Penelitian ini dilakukan dengan desain cross sectional. Penentuan sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling, pengambilan sampel dengan cara acak lalu disesuaikan dengan kriteria sampel . Sampel yang diambil yaitu pasien yang mendapatkan diet Tinggi Energi Tinggi Protein dengan besar sampel yaitu 34 pasien. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan metode wawancara yang menggunakan panduan kuesioner terkait tentang kepuasan pasien terhadap pelayanan makanan dan pengamatan sisa makanan pasien menggunakan metode taksiran visual Comstock. Berdasarkan hasil statistik menggunakan uji chi square, didapatkan bahwa sebagian besar pasien merasa puas 14 pasein (41,2%) sedangkan yang tidak puas terhadap pelayanan makanan hanya 20 pasien (58,8%). Responden yang menyatakan puas terhadap pelayanan makanan dan sisa makanannya baik ≤20% yaitu 10 pasien (71,4%). Responden yang menyatakan puas tetapi sisa makanannya tidak baik >20% sebanyak 4 pasien (28,6%). Responden yang menyatakan tidak puas dan sisa makanan tidak baik(≥20%) sebanyak 17 pasien(85%). Sedangkan responden yang menyatakan tidak puas tetapi sisa makanannya baik (<20%) sebanyak 3 pasien(15%).Terdapat hubungan antara kepuasan pasien terhadap pelayanan makanan dengan sisa makanan pasien (p=0,01). Pasien yang merasa puas terhadap pelayanan makanan rumah sakit memiliki sisa makanan baik <20%. Perlu diadakannya evaluasi kepuasan pasien terhadap pelayanan makanan dan sisa makanan pasien secara berkala sehingga dapat mencapai angka standar pelayanan minimal untuk sisa makanan pasien di rumah sakit.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Yuwono, Slamet Riyadi nidn4023055302 UNSPECIFIED Taufiqurrahman, Taufiq nidn4005117101 |
Additional Information: | 14KTI2018011 |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pelayanan Makanan, Pasien, Sisa Makanan |
Subjects: | A General Works > Food and Nutrition > Food A General Works > Food and Nutrition > Nutrition |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Gizi > Program Studi DIII Gizi Surabaya |
Depositing User: | Nanik Indra Putri Sari |
Date Deposited: | 19 Aug 2020 05:08 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 01:47 |
URI: | http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/180 |
Actions (login required)
View Item |