PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA LEAFLET TENTANG 4 PILAR GIZI SEIMBANG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK SEKOLAH DI SD MAARIF AL-FATTAH SURABAYA TAHUN 2018

Irfana, Fita (2018) PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA LEAFLET TENTANG 4 PILAR GIZI SEIMBANG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK SEKOLAH DI SD MAARIF AL-FATTAH SURABAYA TAHUN 2018. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of Cover Dalam.pdf] Text
Cover Dalam.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of Pernyataan Keaslian.pdf] Text
Pernyataan Keaslian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[thumbnail of Halaman Persetujuan.pdf] Text
Halaman Persetujuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf] Text
Halaman Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[thumbnail of Bab 6.pdf] Text
Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Artikel Jurnal.pdf] Text
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)

Abstract

Masalah gizi akan berdampak pada semakin menurunnya kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia dimasa sekarang dan mendatang. Pengetahuan gizi yang kurang atau kurangnya menerapkan pengetahuan gizi dalam kehidupan sehari-hari dapat menimbulkan masalah gizi Salah satu metode untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap gizi pada anak sekolah yaitu pendidikan gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan empat pilar gizi seimbang dengan menggunakan media leaflet terhadap pengetahuan dan sikap anak sekolah di SD Maarif Al-Fattah Karang Pilang Surabaya. Penelitian ini merupakan studi quasi eksperimental dengan desain one group pre-post test. Subjek dalam penelitian adalah anak sekolah dasar kelas 5. Subjek tersebut diberikan pendidikan gizi menggunakan leaflet. Data pengetahuan dan sikap diperoleh dengan wawancara menggunakan kuesioner ter-struktur. Perbedaan pengetahuan dan sikap serta praktek tentang gizi pada anak sekolah dianalisis dengan Uji Paired Sampel T-Test. Hasil uji Paired Sampel T-Test diperoleh nilai signifikan (p-value) 0,000, maka dari itu ada perbedaan yang signifikan dalam tingkat pengetahuan tentang 4 pilar gizi seimbang sebelum dan sesudah penyuluhan. Sedangkan sikap, diperoleh nilai signifikan (p-value) 0,001, maka dari itu ada perbedaan yang signifikan dalam sikap tentang 4 pilar gizi seimbang sebelum dan sesudah penyuluhan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan gizi meningkatkan pengetahuan dan sikap anak sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
Contribution
Contributor
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Sayuningsih, Eny
nidn4030085601
UNSPECIFIED
Mujayanto, Muja
nidn4014017202
Additional Information: 14KTI2018005
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Gizi, Pengetahuan, Sikap, Anak Sekolah
Subjects: A General Works > Food and Nutrition > Nutrition
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Gizi > Program Studi DIII Gizi Surabaya
Depositing User: Nanik Indra Putri Sari
Date Deposited: 18 Aug 2020 06:36
Last Modified: 21 Oct 2020 03:20
URI: http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item