Irfana, Fita (2018) PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA LEAFLET TENTANG 4 PILAR GIZI SEIMBANG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK SEKOLAH DI SD MAARIF AL-FATTAH SURABAYA TAHUN 2018. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (32kB) |
|
Text
Cover Dalam.pdf Download (323kB) |
|
Text
Pernyataan Keaslian.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
Kata Pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (93kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (190kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
|
Text
Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (96kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
Artikel Jurnal.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
Abstract
Masalah gizi akan berdampak pada semakin menurunnya kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia dimasa sekarang dan mendatang. Pengetahuan gizi yang kurang atau kurangnya menerapkan pengetahuan gizi dalam kehidupan sehari-hari dapat menimbulkan masalah gizi Salah satu metode untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap gizi pada anak sekolah yaitu pendidikan gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan empat pilar gizi seimbang dengan menggunakan media leaflet terhadap pengetahuan dan sikap anak sekolah di SD Maarif Al-Fattah Karang Pilang Surabaya. Penelitian ini merupakan studi quasi eksperimental dengan desain one group pre-post test. Subjek dalam penelitian adalah anak sekolah dasar kelas 5. Subjek tersebut diberikan pendidikan gizi menggunakan leaflet. Data pengetahuan dan sikap diperoleh dengan wawancara menggunakan kuesioner ter-struktur. Perbedaan pengetahuan dan sikap serta praktek tentang gizi pada anak sekolah dianalisis dengan Uji Paired Sampel T-Test. Hasil uji Paired Sampel T-Test diperoleh nilai signifikan (p-value) 0,000, maka dari itu ada perbedaan yang signifikan dalam tingkat pengetahuan tentang 4 pilar gizi seimbang sebelum dan sesudah penyuluhan. Sedangkan sikap, diperoleh nilai signifikan (p-value) 0,001, maka dari itu ada perbedaan yang signifikan dalam sikap tentang 4 pilar gizi seimbang sebelum dan sesudah penyuluhan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan gizi meningkatkan pengetahuan dan sikap anak sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Sayuningsih, Eny nidn4030085601 UNSPECIFIED Mujayanto, Muja nidn4014017202 |
Additional Information: | 14KTI2018005 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Gizi, Pengetahuan, Sikap, Anak Sekolah |
Subjects: | A General Works > Food and Nutrition > Nutrition |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Gizi > Program Studi DIII Gizi Surabaya |
Depositing User: | Nanik Indra Putri Sari |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 06:36 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 03:20 |
URI: | http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/165 |
Actions (login required)
View Item |