Salam, Muhammad Syarif Agdisyah (2020) KEPUASAN PASIEN TERHADAP FASILITAS SANITASI DI RUMAH SAKIT BRAWIJAYA SURABAYA. Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.
Text
Cover Depan.pdf Download (211kB) |
|
Text
Cover Dalam.pdf Download (817kB) |
|
Text
Lembar Persyaratan Gelar.pdf Download (704kB) |
|
Text
Lembar Persetujuan.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Orisinalitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (618kB) |
|
Text
Kata Pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (324kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
|
Text
Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
|
Text
Bab 7.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (12kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Artikel Jurnal.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
Abstract
Rumah Sakit Brawijaya Surabaya memiliki nilai inspeksi kesehatan lingkungan yakni 7120 (78%) kategori cukup, tetapi masih ada permasalahan yakni pengendalian vektor pada kepadatan jentik nyamuk dan populasi kecoa pengamanan limbah pada IPAL dan mempunyai keluhan pasien yaitu kloset toilet mampat, penyediaan air bersih yang masih keruh dan bau, tempat sampah masih berbau. Tujuan penelitian menilai kepuasan pasien terhadap fasilitas sanitasi di Rumah Sakit Brawijaya Surabaya. Jenis Penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Rumah Sakit Brawijaya Surabaya dengan populasi BOR 39%. Variabel yang diteliti fasilitas sanitasi, kepuasan pasien terhadap fasilitas sanitasi penyediaan air bersih secara fisik, toilet, pembuangan sampah, penyajian pangan, pengendalian vektor dan fasilitas sanitasi udara fisik. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian fasilitas sanitasi rumah sakit mendapatkan nilai 4880 (80%) kategori cukup. Penilaian kepuasan pasien terhadap fasilitas sanitasi penyediaan air bersih secara fisik 19(53%) responden puas. Toilet 18(50%) responden puas. Pembuangan sampah 18(50%) responden puas. Penyajian pangan 22(61%) responden sangat puas. Pengendalian vektor 20(56%) orang puas. Sanitasi udara fisik 33(92%) responden sangat puas. Kesimpulan tingkat kepuasan terhadap fasilitas sanitasi di Rumah Sakit Brawijaya Surabaya adalah puas, dengan kondisi fasilitas sanitasi kategori cukup. Saran untuk rumah sakit melakukan monitoring dan pengoptimalkan petugas kebersihan dalam pembersihan tangki air dan bak air di toilet. Pengalokasian dana untuk pengadaan tempat sampah, kasa nyamuk untuk ventilasi, abate, dan peredam suara di ruangan. Melaksanakan pendekatan manajemen kesehatan lingkungan rumah sakit pengoptimalan petugas pengawas dan petugas kebersihan, meningkatkan pemantau kesehatan lingkungan, melakukan evaluasi 3 atau 6 bulan sekali terhadap keluhan, saran pasien, dan melengkapi peralatan kesehatan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Nurhaidah, Nurhaidah nidn4008027201 UNSPECIFIED Marlik, Marlik nidn4025036802 |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, Fasilitas Sanitasi Rumah Sakit |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental > Environmental Engineering > Hospital-Environmental Engineering |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan |
Depositing User: | Unnamed user with username d4kesling |
Date Deposited: | 01 Oct 2020 03:37 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 08:08 |
URI: | http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/885 |
Actions (login required)
View Item |