PERBEDAAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA YANG SARAPAN DAN TIDAK SARAPAN DI SDN TANAH KALIKEDINDING VIII SURABAYA

Lailiyah, Faiza (2017) PERBEDAAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA YANG SARAPAN DAN TIDAK SARAPAN DI SDN TANAH KALIKEDINDING VIII SURABAYA. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of Cover Dalam.pdf] Text
Cover Dalam.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of Pernyataan Keaslian.pdf] Text
Pernyataan Keaslian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[thumbnail of Halaman Persetujuan.pdf] Text
Halaman Persetujuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf] Text
Halaman Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[thumbnail of Bab 6.pdf] Text
Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sarapan atau makan pagi, dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi. Sarapan pagi yang baik harus banyak mengandung karbohidrat karena akan merangsang glukosa dan mikro nutrient dalam otak yang dapat menghasilkan energi. Sarapan pagi dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak, Konsentrasi dan status gizi yang baik untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas harus dimulai sedini mungkin, salah satunya anak usia sekolah. Anak sekolah dasar merupakan sasaran strategis dalam perbaikan gizi masyarakat. Hal ini menjadi penting karena anak sekolah merupakan generasi penerus sebagai tumpuan bangsa sehingga perlu dipersiapkan dengan baik kualitasnya. Konsentrasi belajar adalah pemusatan pikiran terhadap suatu mata pelajaran. konsentrasi belajar seseorang dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan konsentrasi belajar pada siswa yang sarapan dan tidak sarapan di SDN Tanah Kalikedinding VIII Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SDN Tanah Kalikedinding VIII Surabaya, dari seluruh siswa kelas 5 yaitu 69 siswa dengan menggunakan random Sampling di ambil dengan sampel 58 siswa di jadikan 2 kelompok yakni siswa yang sarapan dan tidak sarapan. Dari hasil penelitian yang di peroleh bahwa ada perbedaan antara siswa yang sarapan dengan siswa yang tidak sarapan, pada siswa sarapan memiliki tingkat konsentrasi tinggi yaitu 62,1% dan 24,1% konsentrasinya rendah. Dan siswa tidak sarapan memiliki tingkat konsentrasinya tinggi hanya 3,4% dan 89.6% kosentrasinya rendah, di SDN Tanah Kalikedinding VIII Surabaya dengan p-value = 0,000 dengan alfa = 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
Contribution
Contributor
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Shofiya, Dian
nidn4028096801
UNSPECIFIED
Christyaningsih, Juliana
nidn4001076803
Additional Information: 14KTI2017004
Uncontrolled Keywords: Sarapan, Tingkat Konsentrasi
Subjects: A General Works > Food and Nutrition > Nutrition
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Gizi > Program Studi DIII Gizi Surabaya
Depositing User: Nanik Indra Putri Sari
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:45
Last Modified: 23 Oct 2020 03:16
URI: http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item