Rahmawati, Siti Laili (2023) Gambaran kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar pada anak kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Semanding 1 Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya.
Text
1. Cover.pdf Download (254kB) |
|
Text
2. Pernyataan Keaslian.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
Text
3. Halaman Persetujuan Pembimbing.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
Text
4. Halaman Pengesahan Penguji.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (397kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (349kB) |
|
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (317kB) |
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (197kB) |
|
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (316kB) |
|
Text
11. Daftar Singkatan.pdf Download (198kB) |
|
Text
12. Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
|
Text
13. Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
|
Text
14. Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
15. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
|
Text
16. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
|
Text
17. Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
Text
18. Daftar Pustaka.pdf Download (429kB) |
|
Text
19. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20. Artikel.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
Abstract
Latar Belakang : Sarapan pagi merupakan aktivitas makan pagi wajib dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh sumber energi agar maksimal dalam aktivitas sehari-hari. Memerlukan gizi yang sepadan dengan energi, protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, serta air. Tujuan : Mengetahui gambaran kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar pada anak kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Semanding 1 Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Metode : Jenis penelitian yaitu deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling 40 responden diambil sebagai sampel. Data tentang kebiasaan sarapan dikumpulkan melalui kuesioner dan formulir SQ-FFQ untuk mengetahui energi saat sarapan pagi. Sementara itu, data tentang konsentrasi belajar dikumpulkan melalui kuesioner Symbol Digit Test. Data kemudian dianalisis menggunakan secara deskriptif yang dilakukan untuk melihat gambaran distribusi frekuensi variabel bebas (kebiasaan sarapan pagi) dan variabel terikat (konsentrasi belajar). Hasil : Menunjukan sebagian besar melakukan kebiasaan sarapan pagi sebanyak 25 anak (62,5%) dan tidak melakukan kebiasaan sarapan pagi sebanyak 15 anak (37,5%). Tingkat konsentrasi anak dapat diketahui bahwa seimbang, anak yang konsentrasi baik sebanyak 25 anak (50%). Dan sebagian anak yang konsentrasi kurang baik sebanyak 25 anak (50%). Kesimpulan : Bahwa anak yang kebiasaan sarapan pagi mempunyai konsentrasi belajar yang baik, sedangkang anak yang tidak kebiasaan sarapan pagi mempunyai konsentrasi belajar kurang baik. Saran : bahwa orang tua mempertahankan kebiasaan sarapan kepada anak sebelum berangkat ke sekolah dengan jumlah asupan energi sesuai AKG sarapan agar dapat berkonsentrasi belajar dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Pengge, Nuning Marina nidn4023127001 UNSPECIFIED Buanasita, Annas nidn3402117401 |
Additional Information: | 14KTI20230037 |
Uncontrolled Keywords: | Kebiasaan Sarapan pagi, Konsentrasi Belajar, Anak Sekolah Dasar |
Subjects: | A General Works > Food and Nutrition > Nutrition |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Gizi > Program Studi DIII Gizi Surabaya |
Depositing User: | Misnawar |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 00:57 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 00:57 |
URI: | http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/7510 |
Actions (login required)
View Item |