HUBUNGAN ASUPAN ZAT GIZI MAKRO DENGAN STATUS GIZI PADA SISWA KELAS 5 DI UPT SDN 74 GRESIK

Puspitasari, Krisan (2022) HUBUNGAN ASUPAN ZAT GIZI MAKRO DENGAN STATUS GIZI PADA SISWA KELAS 5 DI UPT SDN 74 GRESIK. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Pernyataan Keaslian.pdf] Text
Pernyataan Keaslian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[thumbnail of Halaman Persetujuan.pdf] Text
Halaman Persetujuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf] Text
Halaman Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[thumbnail of Bab 6.pdf] Text
Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Artikel Jurnal.pdf] Text
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)

Abstract

Latar Belakang : Status Gizi adalah suatu ukuran mengenai kondisi tubuh seseorang yang dapat dilihat dari makanan yang dikonsumsi dan penggunaan zat – zat gizi di dalam tubuh. Pada usia anak sekolah khususnya memasuki masa pra remaja, asupan makanan yang buruk menjadi penyebab umum masalah gizi pada anak sekolah. Konsumsi makanan berpengaruh terhadap status gizi seseorang. Status gizi baik atau status gizi optimal terjadi bila tubuh memperoleh cukup zat gizi yang digunakan secara efisien, sehingga memungkinkan pertumbuhan fisik, perkembangan otak, kemampuan kerja dan kesehatan secara umum pada tingkat setinggi mungkin. Tujuan Penelitian : mengetahui hubungan asupan zat gizi makro dengan status gizi pada siswa kelas 5 di UPT SDN 74 Gresik. Metode Penelitian : studi obervasional analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas 5 di UPT SDN 74 Gresik. Besar populasi pada penelitian ini sebanyak 32 anak. Hasil Penelitian, didapatkan asupan protein dari 32 responden sebagian besar berkategori defisit sebanyak 21 anak (53,1%), kategori normal sebanyak 6 anak (18,8%) dan kategori lebih sebanyak 5 anak (28,1%). diketahui asupan lemak dari 32 responden sebagian besar berkategori normal sebanyak 17 anak (65,6%), kategori defisit sebanyak 6 anak (18,8%) dan kategori lebih sebanyak 9 anak (15,6%). diketahui asupan karbohidrat dari 32 responden sebagian besar berkategori defisit sebanyak 25 anak (78,1%), kategori normal sebanyak 6 anak (18,8%) dan kategori lebih sebanyak 1 anak (3,1%). Kesimpulan : prevalensi usia terbanyak yaitu 11 tahun, dan berjenis kelamin laki – laki. Diperlukan upaya dari orang tua untuk lebih memerhatikan pola asupan makan anak sejak dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
Contribution
Contributor
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Sayuningsih, Eny
nidn4030085601
UNSPECIFIED
Pengge, Nuning Marina
nidn4023127001
Additional Information: 14KTI20220058
Uncontrolled Keywords: Asupan Zat Gizi Makro, Status Gizi, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: A General Works > Food and Nutrition > Nutrition
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Gizi > Program Studi DIII Gizi Surabaya
Depositing User: Nanik Indra Putri Sari
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:01
Last Modified: 07 Oct 2022 03:01
URI: http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/5905

Actions (login required)

View Item View Item