PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KUALITAS BEKAL MAKANAN MENGGUNAKAN EDUKASI GIZI DENGAN METODE ROLE PLAY PADA SISWA KELAS 5 SDN TAMBAKRIGADUNG 2, KECAMATAN TIKUNG, KABUPATEN LAMONGAN

Kholifah, Siti (2022) PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KUALITAS BEKAL MAKANAN MENGGUNAKAN EDUKASI GIZI DENGAN METODE ROLE PLAY PADA SISWA KELAS 5 SDN TAMBAKRIGADUNG 2, KECAMATAN TIKUNG, KABUPATEN LAMONGAN. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of Pernyataan Keaslian.pdf] Text
Pernyataan Keaslian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[thumbnail of Halaman Persetujuan.pdf] Text
Halaman Persetujuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf] Text
Halaman Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[thumbnail of Bab 6.pdf] Text
Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal.pdf] Text
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)

Abstract

Latar belakang edukasi gizi adalah suatu pendekatan edukatif untuk menghasilkan perilaku individu atau masyarakat yang diperlukan dalam peningkatan atau dalam mempertahankan gizi yang baik. Edukasi tentang kualitas bekal makanan ini untuk meningkatkan pengetahuan siswa sehingga dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari dalam memilih bekal makanan yang baik mengingat banyak ditemukan siswa yang membawa bekal makanan tidak berprinsip pada gizi seimbang. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan responden sebelum dan sesudah diberikan edukasi metode role play dengan media video. Metode penelitian ini menggunakan jenis pre ekperimental. Desain penelitian yang digunakan ialah rancangan one group pre test dan post test dengan jumlah 34 sampel. Teknik pengambilan sampel ialah populasi sama dengan sampel. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada Januari 2022. Hasil analisis statistik dalam penelitian ini menggunakan uji beda paired t-test. Dari analisis statistik dengan hasil p=0,000 (p<0,005) yang menunjukkan adanya perbedaan bermakna yang signifikan dari pengetahuan bekal makanan sebelum dan sesudah diberikan edukasi. Penelitian ini menunjukkan rata-rata tingkat pengetahuan responden mengalami peningkatan. Rata-rata sebelum edukasi sebesar 52,6 dan setelah edukasi sebesar 75. Kesimpulan pada penelitian ini diketahui adanya perbedaan tingkat pengetahuan siswa yang diharapkan dapat diimplementasikan kembali dengan memutar video bekal makanan pada mata pelajaran tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
Contribution
Contributor
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Buanasita, Annas
nidn3402117401
UNSPECIFIED
Sayuningsih, Eny
nidn4030085601
Additional Information: 14KTI20220039
Uncontrolled Keywords: Edukasi, Role Play, Pengetahuan
Subjects: A General Works > Food and Nutrition > Food
A General Works > Food and Nutrition > Nutrition
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Gizi > Program Studi DIII Gizi Surabaya
Depositing User: Nanik Indra Putri Sari
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:02
Last Modified: 05 Oct 2022 04:02
URI: http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/5886

Actions (login required)

View Item View Item