Rosyidah, Diyah Agustina Ainur (2016) HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI (IMT/U) DAN ANEMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 4 DAN 5 DI MI MUHAMMADIYAH 25 SURABAYA. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (93kB) |
|
Text
Cover Dalam.pdf Download (158kB) |
|
Text
Pernyataan Keaslian.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text
Kata Pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (162kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (486kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
Text
Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (107kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (976kB) |
|
Text
Artikel Jurnal.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
Abstract
Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar diantaranya adalah anemia dan status gizi. Anak yang mengalami anemia dan status gizi kurang maka akan mudah pusing, lelah, mengantuk, kurang perhatian di dalam kelas, daya ingat rendah dan tidak ada motivasi sehingga mengganggu konsentrasi belaja dan mempengaruhi keberhasilan akademik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di MI Muhammadiyah 25 Surabaya menunjukkan bahwa kelompok dengan persentase status gizi sangat kurus memiliki prestasi paling rendah dibandingkan dengan status gizi yang lain sebesar 79,56. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status gizi (IMT/U) dan anemia dengan prestasi belajar siswa kelas 4 dan 5 di MI Muhammadiyah 25 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desai cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simpel random sampling, sehingga jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 50 responden dari kelas 4 dan 5 di MI Muhammadiyah 25 Surabaya. Penelitian ini menggunakan uji korelasi pearson dan diperoleh hasil p sebesar 0,031. Hal ini menunjukkan ada hubungan antara status gizi IMT/U dengan prestasi belajar. Demikian juga ada hubungan antara anemia dengan prestasi belajar didapatkan nilai p sebesar 0,003. Diharapkan kepada pihak sekolah untuk melakukan pengukuran status gizi setiap bulan sekali untuk memantau status gizi anak dan mengadakan penyuluhan atau konseling tentang anemia pada anak sekolah guna mengurangi jumlah penderita anemia. Serta memberikan motivasi belajar kepada siswa perlu ditingkatkan agar hasil belajar siswa bisa mencapai pada kategori yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Taufiqurrahman, Taufiq nidn4005117101 UNSPECIFIED Hatijah, Nur nidn4005107601 |
Additional Information: | 14KTI2016003 |
Uncontrolled Keywords: | Status gizi, Anemia, Prestasi Belajar |
Subjects: | A General Works > Food and Nutrition > Nutrition |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Gizi > Program Studi DIII Gizi Surabaya |
Depositing User: | Nanik Indra Putri Sari |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 07:19 |
Last Modified: | 15 Dec 2020 08:05 |
URI: | http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/404 |
Actions (login required)
View Item |