Perkembangan psikososial

AMALIA, IRFANA DEVI (2021) Perkembangan psikososial. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.

[thumbnail of 1. Cover-Kata Pengantar.pdf] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi - Arti Lambang.pdf] Text
3. Daftar Isi - Arti Lambang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[thumbnail of 4. BAB 1.pdf] Text
4. BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[thumbnail of 5. BAB 2.pdf] Text
5. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[thumbnail of 6. BAB 3.pdf] Text
6. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[thumbnail of 7. BAB 4.pdf] Text
7. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[thumbnail of 8. BAB 5.pdf] Text
8. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[thumbnail of 9. BAB 6.pdf] Text
9. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[thumbnail of 10. Daftar Pustaka.pdf] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 11. Lampiran.pdf] Text
11. Lampiran.pdf

Download (802kB)
[thumbnail of MANUSKRIP.pdf] Text
MANUSKRIP.pdf

Download (260kB)

Abstract

Hubungan orang tua dan anak sangat penting, banyaknya anak seperti kurang bersosialisasi, kurang inisiatif dan banyak diam karena takut merasa dirinya salah dalam melakukan tindakan menandakan adanya masalah psikososial anak, apabila gangguan dan keterlambatan tersebut berlangsung lama dan terus menerus akan berdampak kurang baik bagi perkembangan kepribadian karena terhambatnya energi yang mendorong anak untuk aktif. Tujuannya mengetahui gambaran tentang pola asuh orang tua terhadap perkembangan psikososial pada anak prasekolah melalui literature review. Metode yang dilakukan menggunakan literature review dengan metode diskriptif pada semua jurnal. Dari Kelima jurnal diperoleh hasil pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak disimpulkan berkembang dengan baik dari lima jurnal yang di review. Hasil pengaruh yang sangat signifikan 80% dan signifikan 20% dalam pola asuh orang tua terhadap perkembangan psikososial anak prasekolah. Analisa data sangat signifikan p=<0,001 dan signifikan p=0,001. Pemberian pola asuh orang tua terhadap perkembangan psikososial anak prasekolah meliputi otoriter, demokratis, permisive, membiarkan/mengabaikan dapat berpengaruh terhadap perkembangan psikososial anak prasekolah, sebaiknya hubungan orang tua dibangun karena semakin erat dan semakin terbuka orang tua kepada anaknya maka anak juga dapat secara bebas mengungkapkan apa yang diinginkan dan tidak diinginkan maka peran orang tua juga dapat memilah keinginan anak tersebut menyalahi norma sosial atau tidak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
Contribution
Contributor
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Suprianto, Suprianto
nidn4016067302
UNSPECIFIED
Krisnawati, Krisnawati
nidn4007085601
Additional Information: 4KTI20210021
Uncontrolled Keywords: Perkembangan psikososial, anak prasekolah.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan Sidoarjo
Depositing User: Bambang Siswanto
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:56
Last Modified: 13 Apr 2022 02:56
URI: http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/4595

Actions (login required)

View Item View Item