LESTIANA, NINDA (2020) ASUHAN KEPERAWATAN JIWA DENGAN GANGGUAN PERSEPSI SENSORI HALUSINASI PENDENGARAN DI PUSKESMAS SUMURGUNG KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.
Text
1. COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERSYARATAN GELAR.pdf Download (93kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (157kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (82kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (3kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (82kB) |
|
Text
11. DAFTAR ISTILAH.pdf Download (72kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
17. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
Abstract
ABSTRAK ASUHAN KEPERAWATAN JIWA DENGAN GANGGUAN PERSEPSI SENSORI HALUSINASI PENDENGARAN DI PUSKESMAS SUMURGUNG KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN Oleh : Ninda Lestiana NIM. P27820517040 Halusinasi pendengaran adalah klien mendengar suara dan bunyi tidak berhubungan dengan stimulus nyata dan orang lain tidak mendengarnya. Perilaku yang muncul adalah mengarahkan telinga pada sumber suara, bicara atau tertawa sendiri, marah-marah tanpa sebab, menutup telinga, mulut komat-kamit, dan nada gerakan tangan. Gangguan jiwa di dunia merupakan masalah yang serius yang perlu mendapatkan perhatian karena tinggi angka penderitanya. Tujuan dilakukan proses keperawatan yaitu memberikan asuhan keperawatan sesuai dengan kebutuhan dan masalah klien sehingga mutu pelayanan keperawatan menjadi optimal. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan Asuhan Keperawatan. Subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian keperawatan adalah dua klien halusinasi pendengaran di wilayah puskesmas sumurgung.Metode pengambilan data dengan wawancara kepada klien dan keluarga klien, selain itu dengan metode observasi mengamati perilaku klien dan melakukan pemeriksaan fisik. Instrumen pengumpulan data menggunakan format Asuhan Keperawatan sesuai ketentuan berlaku di Prodi Keperawatan Kampus Tuban. Analisa data secara deskriptif. Berdasarkan pengkajian data ditemukan tanda dan gejala yang mendasari antara klien pertama dan klien kedua berbeda dan diperoleh diagnosa keperawatan yang sama yaitu perubahan persepsi sensori halusinasi pendengaran dengan risiko mencederai diri. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan keperawatan dari kedua klien dapat memahami cara mengontrol halusiansi meskipun dapat disimpulkan klien belum dapat mengatasi masalahnya sebagian. Pemberian asuhan keperawatan klien dan keluarga dapat mengontrol halusinasi pendengaran yang dialaminya dengan mekanisme koping yang tepat. Selain itu juga dibutuhkan dukungan dari pihak keluarga bertujuan untuk mendukung klien agar dapat mengontrol halusinasinya. Kata kunci : gangguan persepsi sensori: halusinasi pendengaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Sumiatin, Titik nidn4004067701 UNSPECIFIED Su’udi nidn4002027804 |
Additional Information: | 5KTI20200039 |
Uncontrolled Keywords: | Gangguan persepsi sensori: halusinasi pendengaran. |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan Tuban |
Depositing User: | Sunari |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 05:40 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 05:40 |
URI: | http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/1212 |
Actions (login required)
View Item |