PERILAKU PENJAMAH DALAM MENERAPKAN SANITASI MAKANAN DAN KUALITAS PELAYANAN MAKANAN PASIEN RAWAT INAP (RSUD SIDOARJO TAHUN 2017)

Firdaus, Nur Rachmawati (2017) PERILAKU PENJAMAH DALAM MENERAPKAN SANITASI MAKANAN DAN KUALITAS PELAYANAN MAKANAN PASIEN RAWAT INAP (RSUD SIDOARJO TAHUN 2017). Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[thumbnail of Bab 6.pdf] Text
Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)

Abstract

RSUD Sidoarjo adalah rumah sakit negeri kelas B yang memiliki kapasitas kamar rawat inap sebanyak 600. Pelayanan gizi RSUD Sidoarjo sangat berperan penting dalam kesembuhan pasien dan perilaku penjamah yang mengolah makanan pasien, dan jumlah makanan yang tidak termakan pada RSUD masih dibawah standart yaitu 19% (standart 20%), penyebabnya yaitu tekstur pada daging yang kurang empuk dan rasa yang tidak sesuai dengan lidah,. Pada tenaga pengolahan makanan di dapur mempunyai pengetahuan dan perilaku kurang tentang sanitasi makanan. Hal ini karena sebagian besar tenaga kerja berpendidikan rendah, jadi perlu ada semacam penilaian untuk instruktur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perilaku Penjamah Dalam Menerapkan Sanitasi Makanan dan Kualitas Pelayanan Makanan Pasien Rawat Inap di RSUD. Penelitian ini termasuk non eksperimen dan analisis datanya termasuk penelitian deskriptif, dengan menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan cara wawancara dan observasi dengan menggunakan panduan pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian perilaku penjamah tentang sanitasi makanan berdasarkan pengetahuan dan sikap memiliki kategori baik sebanyak 33 orang (100%), dan berdasarkan tindakan dan perilaku memiliki kategori cukup sebanyak 9 orang (27,3%) dan kategori baik sebanyak 24 orang (72,7%). Untuk penilaian kualitas pelayanan makanan berdasarkan indikator ketepatan waktu pemberian makanan kepada pasien telah memenuhi sesuai jam yang telah ditentukan dan hasil yang diperoleh yaitu tepat waktu (100%). Jumlah makanan yang tidak termakan oleh pasien dari 80 sampel pasien hasil rata-rata pada makan pagi yaitu 35,5%, pada makan siang yaitu 29,9%, dan pada makan sore yaitu 30,7. Untuk itu disarankan kepada pihak Rumah Sakit lebih memperhatikan tekstur dan rasa pada makanan yang disajikan pada pasien agar pasien lebih puas dengan makanan yang diberikan, karena makanan yang memenuhi kebutuhan gizi dan dapat dikonsumsi habis akan mempercepat penyembuhan dan memperpendek hari rawat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
Contribution
Contributor
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Surasri, Siti
nidn4012105201
Additional Information: 664 Fir p
Uncontrolled Keywords: Perilaku penjamah, Kualitas pelayanan makanan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental > Environmental Engineering > Environmental Health
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi DIII Sanitasi Surabaya
Depositing User: Misnawar
Date Deposited: 24 May 2022 01:40
Last Modified: 24 May 2022 01:40
URI: http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/4958

Actions (login required)

View Item View Item