KADAR KARBON MONOKSIDA PADA ZONA PADAT LALU LINTAS DI KOTA SURABAYA TAHUN 2018

Fajriyah, Sri Afifatul (2018) KADAR KARBON MONOKSIDA PADA ZONA PADAT LALU LINTAS DI KOTA SURABAYA TAHUN 2018. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[thumbnail of Bab 6.pdf] Text
Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB)

Abstract

Karbon monoksida (CO) merupakan salah satu gas di udara ambien yang bersifat toksik sehingga dapat berbahaya bagi kesehatan manusia yang berasal dari emisi sumber tidak bergerak dan emisi sumber bergerak seperi kendaraan bermotor. Sehingga perlu dilakukan pengukuran untuk mengetahui kadar polutan CO pada zona padat lalu lintas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengukuran terhadap jumlah kendaraan, konsentrasi kadar CO dengan menggunakan alat spectrofotometer dan faktor fisik lingkungan yang dilakukan pada 3 titik zona padat lalu lintas di kota Surabaya. Hasil penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan tabulasi secara deskriptif dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga lokasi pengukuran tersebut masuk kedalam klasifikasi padat lalu lintas dengan jumlah kendaraan >4000 kend/jam yaitu LHR tertinggi di Jalan Ahmad Yani yaitu sebesar 8225 kend/jam dengan konsentrasi kadar CO tertinggi juga sebesar 28.563 µg/Nm3. Kadar CO dari ketiga titik lokasi pengukuran tidak memenuhi syarat. Tinggi rendahnya kadar CO tersebut tidak hanya disebabkan oleh adanya kendaraan bermotor tetapi juga karena adanya faktor fisik seperti suhu, kelembaban, arah angin dan kecepatan angin maupun faktor lain diluar faktor yang diteliti seperti asap pembuangan industri, asap pembakaran sampah, asap rokok dll. Untuk mengurangi kadar CO di udara ambien baik yang berasal dari kendaraan bermotor maupun dari faktor lain, dibutuhkan turun tangan langsung oleh pemerintah dan masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan diri dan lingkungannya yaitu dengan memeriksakan diri secara berkala dan mengurangi kegiatan yang dapat mempertinggi kadar CO di udara ambien

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
Contribution
Contributor
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Khambali, Khambali
nidn4003036201
UNSPECIFIED
Rachmaniyah, Rachmaniyah
nidn4018047501
Additional Information: 628.5 Faj k
Uncontrolled Keywords: PENGENDALIAN PENCEMARAN LINGKUNGAN FISIK; KADAR KARBON MONOKSIDA; KEPADATAN LALU LINTAS; KOTA SURABAYA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental > Environmental Engineering > Environmental Health
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi DIII Sanitasi Surabaya
Depositing User: Misnawar
Date Deposited: 17 May 2022 08:06
Last Modified: 17 May 2022 08:06
URI: http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/4801

Actions (login required)

View Item View Item