Ulfah, Siti Maria (2015) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MAKAN PAGI DENGAN PRESTASI BELAJAR KELAS X SMA NEGERI 4 TUBAN TAHUN 2014. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (553kB) |
|
Text
Cover Dalam.pdf Download (553kB) |
|
Text
Pernyataan Keaslian.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
Text
Kata Pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (581kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (657kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) |
|
Text
Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (609kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Salah satu faktor penting yang mempengaruhi kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia khususnya di bidang pendidikan adalah gizi. Status gizi yang buruk pada anak dapat menyebabkan anak menderita gangguan mental, sukar berkonsentrasi, rendah diri dan prestasi belajar menjadi rendah. Peningkatan status gizi anak dapat dilakukan melalui program perbaikan gizi yaitu dengan membiasakan makan pagi. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada tanggal 17 September 2014 di Desa Mondokan Kabupaten Tuban pada kelas X SMA Negeri 4 Tuban diketahui bahwa persentase mata pelajaran yang kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebesar 25%. Selain itu, sebagian besar siswa memiliki latar belakang keluarga dan profesi orang tua yang berbeda. Hal ini menyebabkan tingkat penghasilan dan pengetahuan terhadap gizi khususnya tentang kebiasaan makan pagi dari setiap orang tua siswa juga berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan makan pagi dengan prestasi belajar kelas X SMA Negeri 4 Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian analitik. Populasi adalah seluruh siswa kelas X dan diambil sampel sebanyak 47 responden dengan menggunakan simple random sampling. Dari hasil uji statistika Korelasi Spearmen diketahui bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan makan pagi dengan prestasi belajar (p=0,03 < =0,1). Ada hubungan antara kebiasaan makan pagi dengan prestasi belajar. Sebaiknya dilakukan penyuluhan tentang pentingnya membiasakan makan pagi sebelum berangkat ke sekolah. Sehingga konsentrasi belajar dapat lebih baik dan akhirnya dapat berpengaruh pada prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Yuwono, Slamet Riyadi UNSPECIFIED UNSPECIFIED Hatijah, Nur UNSPECIFIED |
Additional Information: | 14KTI2015010 |
Uncontrolled Keywords: | Kebiasaan Makan Pagi, Prestasi Belajar |
Subjects: | A General Works > Food and Nutrition > Nutrition |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Gizi > Program Studi DIII Gizi Surabaya |
Depositing User: | Nanik Indra Putri Sari |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 04:55 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 02:31 |
URI: | http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/506 |
Actions (login required)
View Item |