PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DENGAN LEAFLET TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA MENGENAI CUCI TANGAN PAKAI SABUN (Studi kasus di SDN Banyuanyar I Sampang Tahun 2018)

Ekawati HF, Devi (2018) PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DENGAN LEAFLET TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA MENGENAI CUCI TANGAN PAKAI SABUN (Studi kasus di SDN Banyuanyar I Sampang Tahun 2018). Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[thumbnail of Bab 6.pdf] Text
Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[thumbnail of Bab 7.pdf] Text
Bab 7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (268kB)

Abstract

Cuci tangan pakai sabun (CTPS) adalah cara yang digunakan untuk mengurangi mikroorganisme dengan teknik mengalirkan air bersih ke telapak tangan menggunakan sabun. CTPS berfungsi untuk menghilangkan/mengurangi mikroorganisme yang menempel di kedua tangan guna mencegah penyakit diare, kolera, cacingan, dan Hepatitis A. Data yang didapatkan dari puskesmas pada tahun 2016 sebesar 1095 dan pada tahun 2017 sebesar 1374 hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan angka penderita diare. Hasil survei yang dilakukan kepada 10 orang siswa yang diberi kuesioner terdapat 4 siswa yang mengetahui tentang CTPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara media video dengan leaflet mengenai CTPS terhadap tingkat pengetahuan siswa SD kelas IV dan kelas V. Jenis penelitian adalah penelitian pra ekperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 orang siswa, sedangkan untuk teknik pengambilan sampel yaitu Proporsional Stratified Random Sampling. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa menggunakan kuesioner. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan uji statistik yaitu Eksak Fisher. Hasil pengukuran tingkat pengetahuan siswa sebelumi ntervensi dalam kategori baik sebesar 27,78% (10siswa). Sedangkan setelah intervensi dengan menggunakan media video sebesar 58,33% (21 siswa). Dan penggunaan media leaflet sebelum intervensi sebesar 25% dan setalah intervensi sebesar 83,33% dalam kategori baik. Hasil uji eksak fisher diperoleh hasil sebesar 0,034 < 0,05. Sehingga terdapat perbedaan penggunaan media video dengan leaflet terhadap tingkat pengetahuan siswa mengenai CTPS (P < 0,05). Disarankan siswa SD dapat memperoleh informasi mengenai CTPS dari berbagai sumber dan mendapatkan materi pembelajaran dengan media leaflet

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributor
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Supriyandani, Supriyandani
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Ngadino, Ngadino
nidn4012066001
Additional Information: 664 Eka p
Uncontrolled Keywords: HIGIENE SANITASI MAKANAN DAN MINUMAN; CTPS; MEDIA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental > Environmental Engineering > Environmental Health
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan
Depositing User: Misnawar
Date Deposited: 19 May 2022 04:06
Last Modified: 19 May 2022 04:06
URI: http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/4923

Actions (login required)

View Item View Item