Wahyudi, Sheila Milenia Aisyah (2021) DUKUNGAN KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN KANDANGAN 2 SURABAYA. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.
Text
1) Cover Luar dan Dalam.pdf Download (17kB) |
|
Text
2) Surat Pernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
|
Text
3) Lembar Persetujuan.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
|
Text
4) Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
|
Text
5) Kata Pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
Text
6) Abstrak.pdf Download (204kB) |
|
Text
7) Daftar Isi.pdf Download (10kB) |
|
Text
8) Daftar Tabel.pdf Download (101kB) |
|
Text
9) Daftar Gambar.pdf Download (3kB) |
|
Text
10) Daftar Lampiran.pdf Download (4kB) |
|
Text
11) Daftar Singkatan.pdf Download (5kB) |
|
Text
12) BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
Text
13) BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
Text
14) BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
|
Text
15) BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text
16) BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
17) Daftar Pustaka.pdf Download (215kB) |
|
Text
18) Lampiran .pdf Restricted to Repository staff only Download (813kB) |
|
Text
19) Lembar Konsultasi.pdf Download (1MB) |
|
Text
20) Manuskrip.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
Abstract
Dukungan keluarga memiliki peran penting dalam mendukung pembelajaran anak usia sekolah di masa pandemi Covid-19. Dukungan keluarga terdiri dari dukungan emosional, dukungan penilaian, dukungan instrumental dan dukungan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dukungan keluarga dalam pembelajaran daring anak usia sekolah pada masa pandemi Covid-19 di SDN Kandangan 2 Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan rancangan cross sectional, dengan jumlah sampel penelitian 64 keluarga. Kuesioner menggunakan skala likert, dengan pemberian skor sesuai acauan nilai skala likert untuk pernyataan positif dan untuk pernyataan negatif maka nilai akan berbanding terbalik. Dukungan keluarga dikategorikan menjadi baik, cukup dan kurang. Hasil dari penelitian pada dukungan emosional sebagian besar (68,7%) dalam kategori baik dan sebagian kecil (6,3%) dalam kategori kurang. Sebagian besar (73,4%) pada dukungan penilaian dalam kategori baik dan 6.3% dalam kategori kurang. Pada dukungan instrumental sebagian besar (73,4%) termasuk kategori baik dan sebagian kecil (3,2%) dalam kategori kurang. Dan hampir setengahnya (48,4%) pada dukungan informasi dalam kategori baik dan sebagan kecil (3,2%) dalam kategori kurang. Dukungan keluarga yang baik meliputi dukungan emosional, dukungan penilaian, dukungan instrumental dan dukungan informasi akan menjadikan anak termotivasi untuk melaksanakan pembelajaran daring secara optimal. Kepada para guru dan walimurid siswa kelas 2 di SDN Kandangan 2 Surabaya agar mempertahankan dan meningkatkan dukungan keluarga untuk mendukung anak-anak mereka selama pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Mardiyana Hidayat, Enung nidn4026036901 UNSPECIFIED Novitasari, Aida nidn4001117201 |
Additional Information: | 2KTI20210062 |
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Keluarga, Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan Sutomo Surabaya |
Depositing User: | Nelly Rusdiana |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 06:19 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:19 |
URI: | http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/2764 |
Actions (login required)
View Item |