ARLANDO, DELI (2018) PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK TK DI KECAMATAN TUBAN. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.
Text
1. COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERSYARATAN GELAR.pdf Download (13kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (117kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (309kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (278kB) |
|
Text
11. DAFTAR ISTILAH.pdf Download (419kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (28MB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
17. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (967kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK TK DI KECAMATAN TUBAN 2018 Oleh : Deli Arlando P27820515008 Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dangan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan. Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyaknya perkembangan kognitif anak TK yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan perkembangan kognitif anak TK di Kecamatan Tuban Tahun 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik, dengan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah 4 TK di Kecamatan Tuban sebanyak 147 anak berdasarkan cluster random di TK Sekecamatan Tuban dengan sampel penelitian 105 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan menggunakan uji spearmen. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan lembar observasi. . Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar (68,3%) anak TK yang pernah ikut PAUD perkembangan kognitif berkembang sesuai harapan dan sebagian kecil (15,6%) anak TK yang tidak mengikuti PAUD perkembangan kognitif berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil uji Spearmen Rank Correlation didapatkan ρ = 0,00 dengan ρ < 0,05. Hal ini menunjukkan ada hubungan antara pendidikan anak usia dini dengan perkembangan kognitif anak TK. Pendidikan anak usia dini akan mempengaruhi perkembangan kognitif berkembang sesuai harapan. . Pendidikan anak usia dini merupakan peletak dasar utama dalam pengembangan pribadi anak salah satunya kecakapan kognitif dengan cara pembelajaran berhitung, mengenal warna, bentuk, pemahaman objek benda dan peningkatan kemampuan berbahasa. Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Perkembangan Kognitif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Yunariyah, Binti nidn4008126602 UNSPECIFIED Nugraheni, Wahyuningsih Triana nidn4028117101 |
Additional Information: | 5KTI20180008 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Anak Usia Dini, Perkembangan Kognitif |
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan Tuban |
Depositing User: | Sunari |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 03:21 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 03:21 |
URI: | http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/1407 |
Actions (login required)
View Item |