Carrisa, Diva Nadia (2024) Pengetahuan tentang Perkembangan, anak usia prasekolah. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.
Text
1. Cover-Surat Pernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
|
Text
5. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
|
Text
6. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
|
Text
7. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
|
Text
8. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
|
Text
10. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan bisa didefinisikan sebagai perubahan kualitatif ialah perubahan yang koheren, teratur, dan progresif. Perkembangan berfokus pada kematangan dari fungsi organ tubuh, perkembangan terjadi secara simultan dengan pertumbuhan. Sebagai orang tua atau guru harus mengetahui tentang pola perkembangan anak, hal ini bertujuan untuk menunjang proses belajar anak agar menjadi lebih maksimal. Tujuan studi ini untuk memahami perkembangan yang dialami oleh murid di TK Dharma Wanita Persatuan Sidokare 1 dan TK Baitul Ilmi. Metode studi ini memanfaatkan desain cross sectional dengan mengikutsertakan 40 responden yang terbagi dari murid kelas A dan B yang dipilih memanfaatkan teknik total sampling. Pengumpulan data dijalankan dengan pemeriksaan DDST II dan KPSP. Hasil pemeriksaan memperlihatkan DDST II dengan hasil normal (70,0%) dan KPSP yang sesuai (57,5%). Kemudian dilihat dari hasil setiap aspek yang terdapat pada DDST II menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus (77,5%), keterampilan motorik kasar (100%), keterampilan bahasa (60,0%), dan kemampuan sosial (82,5%). Perkembangan pada anak usia prasekolah Sebagian besar berada pada tahap normal atau sesuai, namun masih ada Sebagian siswa yang memiliki perkembangan yang tidak maksimal. Pihak penyelenggara pendidikan pada anak usia prasekolah perlu mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk menstimulasi perkembangan anak agar sesuai dengan usianya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Suprihatin, Kusmini nidn4025037101 UNSPECIFIED Suprianto, Suprianto nidn4016067302 |
Additional Information: | 4KTI20240020 |
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan tentang Perkembangan, anak usia prasekolah |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan Sidoarjo |
Depositing User: | Bambang Siswanto |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 06:47 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 06:47 |
URI: | http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/9230 |
Actions (login required)
View Item |