Pengetahuan tentang Perkembangan, anak usia prasekolah

Carrisa, Diva Nadia (2024) Pengetahuan tentang Perkembangan, anak usia prasekolah. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.

[thumbnail of 1. Cover-Surat Pernyataan.pdf] Text
1. Cover-Surat Pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi.pdf] Text
3. Daftar Isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[thumbnail of 4. BAB 1.pdf] Text
4. BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[thumbnail of 5. BAB 2.pdf] Text
5. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[thumbnail of 6. BAB 3.pdf] Text
6. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[thumbnail of 7. BAB 4.pdf] Text
7. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[thumbnail of 8. BAB 5.pdf] Text
8. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka.pdf] Text
9. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[thumbnail of 10. Lampiran.pdf] Text
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan bisa didefinisikan sebagai perubahan kualitatif ialah perubahan yang koheren, teratur, dan progresif. Perkembangan berfokus pada kematangan dari fungsi organ tubuh, perkembangan terjadi secara simultan dengan pertumbuhan. Sebagai orang tua atau guru harus mengetahui tentang pola perkembangan anak, hal ini bertujuan untuk menunjang proses belajar anak agar menjadi lebih maksimal. Tujuan studi ini untuk memahami perkembangan yang dialami oleh murid di TK Dharma Wanita Persatuan Sidokare 1 dan TK Baitul Ilmi. Metode studi ini memanfaatkan desain cross sectional dengan mengikutsertakan 40 responden yang terbagi dari murid kelas A dan B yang dipilih memanfaatkan teknik total sampling. Pengumpulan data dijalankan dengan pemeriksaan DDST II dan KPSP. Hasil pemeriksaan memperlihatkan DDST II dengan hasil normal (70,0%) dan KPSP yang sesuai (57,5%). Kemudian dilihat dari hasil setiap aspek yang terdapat pada DDST II menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus (77,5%), keterampilan motorik kasar (100%), keterampilan bahasa (60,0%), dan kemampuan sosial (82,5%). Perkembangan pada anak usia prasekolah Sebagian besar berada pada tahap normal atau sesuai, namun masih ada Sebagian siswa yang memiliki perkembangan yang tidak maksimal. Pihak penyelenggara pendidikan pada anak usia prasekolah perlu mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk menstimulasi perkembangan anak agar sesuai dengan usianya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
Contribution
Contributor
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Suprihatin, Kusmini
nidn4025037101
UNSPECIFIED
Suprianto, Suprianto
nidn4016067302
Additional Information: 4KTI20240020
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan tentang Perkembangan, anak usia prasekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan Sidoarjo
Depositing User: Bambang Siswanto
Date Deposited: 04 Nov 2024 06:47
Last Modified: 04 Nov 2024 06:47
URI: http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/9230

Actions (login required)

View Item View Item