INTAN ASSABILLAH, ALFIRA (2021) STUDI KASUS MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH YANG KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DI SDN WONOKUSUMO 1/40 SURABAYA. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.
Text
1. COVER (depan & dalam).pdf Download (92kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
6. ABSTRAK ( bhs. indonesia & inggris).pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (77kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (64kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (71kB) |
|
Text
11. BAB I (PENDAHULUAN).pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
|
Text
12. BAB II (TINJAUAN PUSTAKA).pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
13. BAB III (METODE PENELITIAN).pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
Text
14. BAB IV (HASIL PENELITIAN).pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
|
Text
15. BAB V (PEMBAHASAN).pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
16. BAB VI (KESIMPULAN DAN SARAN).pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
18. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
Text
19. LEMBAR KONSULTASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
Text
20. MANUSKRIP KTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
Abstract
Game online merupakan salah satu permainan virtual yang saat ini populer dimainkan oleh anak usia sekolah. Aktivitas bermain game online yang dilakukan secara berlebihan dapat membawa pengaruh negatif pada anak usia sekolah salah satunya yaitu penurunan motivasi belajar pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahuinya motivasi belajar pada anak usia sekolah yang kecanduan bermain game online di SDN Wonokusumo 1/40 Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian yaitu semua siswa/i kelas 5 dengan jumlah sampel yang diambil yaitu 20 siswa/i kelas 5 yang kecanduan bermain game online di SDN Wonokusumo 1/40 Surabaya. Variabel pada penelitian ini adalah motivasi belajar. Alat ukur penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anak usia sekolah yang kecanduan bermain game online memiliki motivasi belajar yang rendah yaitu sebanyak 8 orang (40%), sedangkan sebanyak 7 orang (35%) memiliki motivasi belajar yang sedang, dan sebanyak 5 orang (25%) memiliki motivasi belajar yang tinggi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa kecanduan bermain game online dapat menimbulkan penurunan motivasi belajar. Maka dari itu siswa/i diharapkan mampu mengurangi kebiasaan bermain game online dan menggantinya dengan kegiatan positive lainnya. Serta bagi orang tua di sarankan untuk selalu mengawasi anak-anak ketika bermain game online.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Sulistijono, Heru nidn4001107101 UNSPECIFIED Wijayanti, Dyah nidn4007059001 |
Additional Information: | 3KTI2021055 |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Anak usia sekolah, Kecanduan game online |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan Sutopo Surabaya |
Depositing User: | Danty Pramita |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 04:41 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 04:41 |
URI: | http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/8162 |
Actions (login required)
View Item |