Pengetahuan tentang, Kemandirian, Sosial, Prasekolah

Insholikh, Astri Tia Hurin (2023) Pengetahuan tentang, Kemandirian, Sosial, Prasekolah. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.

[thumbnail of 1.COVER.pdf] Text
1.COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[thumbnail of 2.ABSTRAK.pdf] Text
2.ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[thumbnail of 3.DAFTAR ISI.pdf] Text
3.DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[thumbnail of 4.BAB 1.pdf] Text
4.BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[thumbnail of 5.BAB 2.pdf] Text
5.BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[thumbnail of 6.BAB 3.pdf] Text
6.BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[thumbnail of 7.BAB 4.pdf] Text
7.BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[thumbnail of 8.BAB 5.pdf] Text
8.BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[thumbnail of 9.DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[thumbnail of 10.LAMPIRAN.pdf] Text
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)

Abstract

Anak merupakan manusia kecil yang memiliki potensi yang harus dikembangkan. Anak memiliki karakteristik tertentu dan khas dan tidak sama dengan orang dewasa, mereka selalu aktif, dinamis, antusias, dan ingin tahu terhadap apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan mereka seolah-olah tidak pernah berhenti bereksplorasi dan belajar. Anak memiliki rasa ingin tahu secara alamiah. Anak merupakan makhluk sosial, unik, kaya dengan fantasi, memiliki daya perhatian pendek, dan memiliki masa yang paling potensial untuk belajar. Kemandirian pada anak usia prasekolah ditandai dengan kemampuan kontrol diri dengan dan hasrat untuk memperluas pergaulan dengan anak-anak yang sebaya namun karena kemampuan anak masih terbatas adakalanya anak mengalami kegagalan.Metode penelitian deskriptif kuantitatif adalah suatu metode yang bertujuan untuk membuat gambar atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dan hasilnya. Berdasarkan 25 responden, sebagian besar dari responden yaitu 15 responden (60%) berusia 5 tahun dan hampir setengah dari responden yaitu 10 responden (40%) berusia 6 tahun. Berdasarkan jenis kelamin sebagian besar dari responden yaitu perempuan 14 responden (56%) dan hampir setengah dari responden yaitu laki – laki 11 responden (44%).Berrdasarkan kemandirian seluruh responden adalah mandiri, yaitu sebanyak 25 responden (100%) dan tidak seorang pun dari responden tidak mandiri (0%). Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk memanfaatkan data dan informasi yang telah didapat dalam penelitian ini sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya yang masih berhubungan yaitu: kemandirian anak usia prasekolah ditinjau dari pengasuh (orangtua dan grandparent), Motivasi Ibu dalam meningkatkan kemandirian anak usia prasekolah, dan pola asuh ibu pada anak yang mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
Contribution
Contributor
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Dari, Tanty Wulan
nidn4014016801
UNSPECIFIED
Bahrudin, Moch.
nidn4021117201
Additional Information: 4KTI20230077
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan tentang, Kemandirian, Sosial, Prasekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan Sidoarjo
Depositing User: Bambang Siswanto
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:06
Last Modified: 11 Oct 2023 02:06
URI: http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/7186

Actions (login required)

View Item View Item