Prameswari, Agistahani Budi (2023) Pengetahuan tentang, Perkembangan sosial emosional, prasekolah. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.
Text
1.COVER-KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
Text
3.DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
|
Text
4.BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
Text
5.BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
|
Text
6.BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
|
Text
7.BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
|
Text
8.BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan sosial emosional anak merupakan perkembangan tingkah laku pada anak dimana anak diminta untuk menyesuaikan diri dengan aturan yang berlaku dalam lingkungan masyarakat. Dengan kata lain, perkembangan sosial merupakan proses belajar anak dalam menyesuaikan diri dengan norma, moral dan tradisi dalam sebuah kelompok. Perkembangan sosial emosional ini bertujuan agar anak memiliki kepercayaan diri, kemampuan bersosialisasi, dan kemampuan mengendalikan emosi Banyak faktor yang berpengaruh dalam perkembangan sosial emosional anak. Faktor tersebut antara lain faktor Lingkungan, faktor status sosial ekonomi orang tua, faktor pendidikan dan faktor jenis kelamin. Tujuan Penelitian ini untuk mengidentifikasi perkembangan sosial emosional anak usia prasekolah di TK Kusuma Putra berdasarkan umur, jenis kelamin, kelas di sekolah, dan aktivitas anak ketika diluar sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang tua yang memiliki anak usia pra sekolah di TK Kusuma Putra. Intrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner PSC-17. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Total Sampling dengan jumlah 30 responden. Analisa data yang digunakan adalah Analisa univariat kuantitatif. Usia anak paling banyak diperoleh usia 5 tahun sebanyak 47% sedangkan jenis kelamin anak terbanyak yaitu laki-laki sebanyak 57% berjenis kelamin perempuan. Sebagian besar perkembangan sosial emosional pada anak usia prasekolah di TK Kusuma Putra didapatkan tidak ada gangguan sebanyak 70%. Namun, terdapat 30% anak yang mengalami gangguan dalam perkembangan sosial emosionalnya. Sebagian besar anak yang mengalami gangguan perkembangan sosial emosional adalah anak perempuan sebanyak 67%, anak pada usia 5 tahun sebanyak 56%, dan anak yang berada di kelas TK A sebanyak 44%. Selain itu sebagian besar sebanyak 56% anak yang sering bermain sendiri cenderung memiliki gangguan dalam perkembangan sosial emosional. Didapatkan kesimpulan gambaran perkembangan sosial emosional pada anak usia prasekolah di Playgroup dan TK Kusuma Putra sebagian besar tidak mengalami gangguan dalam perkembangan sosial emosional. Untuk peneliti selanjutnya dapat meneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional pada anak prasekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Suprianto, Suprianto nidn4016067302 UNSPECIFIED Maemonah, Siti nidn4017057101 |
Additional Information: | 4KTI20230076 |
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan tentang, Perkembangan sosial emosional, prasekolah |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan Sidoarjo |
Depositing User: | Bambang Siswanto |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 01:42 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 01:42 |
URI: | http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/7185 |
Actions (login required)
View Item |