Pengetahuan tentang, Stres, Stres Akademik

Maharani, Patricia Angelica (2023) Pengetahuan tentang, Stres, Stres Akademik. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI.pdf] Text
3. DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[thumbnail of 4. BAB 1.pdf] Text
4. BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5. BAB 2.pdf] Text
5. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 6. BAB 3.pdf] Text
6. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7. BAB 4.pdf] Text
7. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 8. BAB 5.pdf] Text
8. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Stres merupakan suatu kondisi atau situasi internal dalam lingkungan yang membebankan tuntutan penyesuaian terhadap individu. Stres bisa menyerang siapa saja dan itu tidak selalu terjadi pada orang dewasa melainkan termasuk juga anak sekolah. Stres akademik ialah kondisi tertekan yang dihadapi siswa yang menimbulkan perasaan tidak nyaman. Metode penelitian yang diberikan adalah deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif, teknik pengambilan sampel total sampling dengan jumlah responden 60 orang. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan kuisioner. Hasil penelitian diketahui bahwa dari 60 siswa kelas X di SMAK Untung Suropati Krian menunjukkan kategori stres akademik tinggi adalah 1 responden (1,6%), dan stres akademik sedang 59 responden (98,4%). Sehingga dapat dilihat bahwa stres akademik yang dialami oleh siswa kelas X cenderung sedang. Guru Bimbingan dan Konseling dapat memberikan upaya preventif dengan memberikan pelatihan peningkatan efikasi diri untuk mengurangi terjadinya stres akademik yang dialami siswa yaitu melalui teknik bimbingan kelompok dengan tema meningkatkan keyakinan terhadap kemampuan yang dimiliki dalam menghadapi tuntutan akademik dan tugas-tugas akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
Contribution
Contributor
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Suprianto, Suprianto
nidn4016067302
UNSPECIFIED
Maemonah, Siti
nidn4017057101
Additional Information: 4KTI20230075
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan tentang, Stres, Stres Akademik
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan Sidoarjo
Depositing User: Bambang Siswanto
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:30
Last Modified: 11 Oct 2023 01:30
URI: http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/7184

Actions (login required)

View Item View Item