Oktariana, Ardi (2022) PERANCANGAN SISTEM DETEKSI KANTUK DENGAN METODE TRESHOLDING MENGGUNAKAN SENSOR MAX86150 (PARAMETER EKG DAN SINYAL PPG). Skripsi thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.
Text
01. COVER.pdf Download (109kB) |
|
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
Text
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text
04. ABSTRAK.pdf Download (241kB) |
|
Text
05. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
Text
06. DAFTAR ISI.pdf Download (129kB) |
|
Text
07. DAFTAR TABEL.pdf Download (108kB) |
|
Text
08. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (120kB) |
|
Text
09. BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
Text
14. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
Text
17. ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (852kB) |
Abstract
Kantuk pada pengemudi dapat dideteksi melalui sinyal fisiologis manusia. Denyut Jantung dan Laju Respirasi yang merupakan parameter fisiologis untuk mendeteksi kantuk. Penelitian ini bertujuan untuk melihat akurasi sistem deteksi kantuk menggunakan metode thresholding dengan parameter denyut jantung dan laju respirasi. Sensor yang digunakan adalah max86150 dan sensor pulsa untuk mendapatkan sinyal EKG dan PPG karena memiliki spesifikasi untuk menggunakan elektroda kering sehingga tidak perlu memasang elektroda pada bodi pengemudi. Cara mengetahui kondisi kantuk seseorang adalah dengan menggunakan penilaian subjektif dengan Skala Kantuk Karolinska (KSS) yang terdiri dari 9 skala kantuk. Nilai korelasi antara tingkat kantuk dan laju respirasi memiliki nilai korelasi yang rendah -0,26 dan nilai korelasi antara tingkat kantuk dan detak jantung memiliki nilai korelasi sedang, yaitu -0,49. Sistem deteksi kantuk dengan metode thresholding dengan parameter heart rate dan respiration rate memiliki nilai akurasi yang rendah yaitu 81% ketika seseorang berada dalam kondisi antara kantuk dan tidak mengantuk sehingga masih sulit untuk diterapkan pada kondisi berkendara yang sebenarnya. Penelitian ini sangat berguna untuk mengetahui hubungan sinyal fisiologis manusia dengan kondisi kantuk saat berkendara dan untuk mengetahui metode klasifikasi kantuk yang paling tepat untuk diterapkan pada kondisi berkendara seserius mungkin untuk membantu mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas akibat kantuk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Yulianto, Endro nidn4017077601 UNSPECIFIED Syaifudin, Syaifudin nidn4001087402 |
Additional Information: | 11SKR2022038 |
Uncontrolled Keywords: | ECG,PPG,Respiration Rate,Heart Rate, Karolinska Sleepness Scale, Max86150,XD-58C pulse sensor |
Subjects: | R Medicine > Medical Electronics > Clinical Engineering |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Teknologi Elektromedik > Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Elektro-medis |
Depositing User: | Misnawar |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 05:26 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 05:26 |
URI: | http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/6969 |
Actions (login required)
View Item |