PENGARUH PENERAPAN TEKNIK MENDENGAR AKTIF TERHADAP KEMAMPUAN EMPATI PERAWAT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI RS SOEWANDHI SURABAYA

Heriyanto, Bambang (2017) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK MENDENGAR AKTIF TERHADAP KEMAMPUAN EMPATI PERAWAT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI RS SOEWANDHI SURABAYA. Jurnal Keperawatan.

[thumbnail of POLTEKKESSBY-Journal-2462-MANUSCRIP.empati.2017.digillib.pdf] Text
POLTEKKESSBY-Journal-2462-MANUSCRIP.empati.2017.digillib.pdf

Download (358kB)

Abstract

Pelayanan keperawatan yang diberikan pada pasien akan bermutu apabila perawat memiliki empati dalam menangani pasien. Namun masih ada perawat yang memberikan pelayanan keperawatan tetapi tidak pernah memberikan respon verbal maupun nonverbal terhadap apa yang dirasakan pasien dan tidak pernah menyebutkan penyebab apa yang dirasakan pasien. Oleh karena itu diperlukan teknik dalam berkomunikasi dengan pasien salah satunya dengan menerapkan teknik mendengar aktif. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh teknik mendengar aktif terhadap kemampuan empati perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan di RS Soewandhi Surabaya. Desain penelitian yang digunakan Quasy Eksperiment type Non randomized control group pretest posttest design. Populasinya semua perawat di RS Soewandhi Surabaya. Sampelnya diambil secara acak sederana. Pada penelitian ini ada dua variabel yaitu penerapan teknik mendengar aktif dan kemampuan empati. Alat ukur yang digunakan kuesioner dalam bentuk skala likert dengan menggunakan 4 alternatif jawaban dari 20 butir pernyataan. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji wilcoxon test dan mann-whitney test dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan perubahan skor rata-rata total kemampuan empati pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah intervensi tidak signifikan nilai p-value=0,262. Pada kelompok intervensi menunjukkan ada perubahan skor rata-rata total kemampuan empati sebelum dan sesudah intervensi nilai p-value=0,000. Sedangkan antara kelompok kontrol dengan intervensi ada perbedaan yang signifikan nilai pvalue=0,001. Perawat yang mendapatkan pelatihan penerapan teknik mendengar aktif mempunyai kemampuan empati yang lebih baik dibanding dengan yang tidak mendapatkan pelatihan. Oleh karena itu Perawat hendaknya menambah wawasan tentang penerapan teknik mendengar aktif sehingga mempunyai kemampuan empati dalam memberikan pelayanan keperawatan.

Item Type: Article
Additional Information: 03/JOURNAL201701
Uncontrolled Keywords: teknik mendengar aktif, kemampuan empati, pelayanan keperawatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan Sutopo Surabaya
Depositing User: Danty Pramita
Date Deposited: 13 Apr 2023 01:16
Last Modified: 13 Apr 2023 01:16
URI: http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/6697

Actions (login required)

View Item View Item