PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS LOGIKA MODEL DI JURUSAN KEBIDANAN

Kusumaningtyas, Kharisma and Sulistyowati, Dwi Wahyu Wulan (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS LOGIKA MODEL DI JURUSAN KEBIDANAN. Documentation. Poltekkes Kemenkes Surabaya, Surabaya.

[thumbnail of 3. Penelitian Kharisma_2019.pdf] Text
3. Penelitian Kharisma_2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Model logika digunakan sebagai alat untuk memodelkan struktur program. Model logika adalah metode visual untuk menyampaikan sebuah ide yang menguraikan dan membagi pemahaman keterkaitan antar elemen untuk mengoperasikan sebuah program atau usaha perubahan. Tujuan dari penelitian ini adalah Menyusun pengembangan instrumen pembelajaran praktik klinik kebidanan berbasis logika model di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surabaya. Method :Penelitian ini menggunakan rancangan action research. Sampel yang digunakan sebanyak 16 Orang yang terdiri dari Ketua Program studi, Koordinator Akademik, Bagian Praktik dan Perwakilan Dosen. Penelitian ini terdiri dari 2 tahapan. FGD dilakukan dalam 2 tahap. Analisis yang digunakan menggunakan Analisis diskriptif dan inferensial. Result : Hasil didapatkan instrument evaluasi pembelajaran praktik klinik berbasis logika model. Simpulan dari penelitian ini adalah Instrumen evaluasi pembelajaran praktik belum ada keseragaman, Rekomendasi hasil dari FGD Tahap 1 dalam Pengembangan instrumen evaluasi program pembelajaran menggunakan instrument evaluasi pembelajaran berbasis logika model, Instrumen evaluasi pengembangan pembelajaran praktik klinik berbasis logika model valid dan reliabel. Pelatihan pengisian instrument evaluasi program pembelajaran praktik klinik berbasis logika model di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surabaya dilaksanakan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2019. Dihadiri 12 orang, Analysis : Penerapan evaluasi kemampuan dan pendapat pengelola pendidikan tentang penerapan instrumen evaluasi program pembelajaran praktik klinik berbasis logika model sebagian besar baik, Rekomendasi hasil dari FGD Tahap 2 instrumen evaluasi program pembelajaran praktik klinik berbasis logika model di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surabaya terdiri dari konteks, input, aktivitas, output, outcames.

Item Type: Monograph (Documentation)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, praktik, logika model
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Pusat Penelitan dan Pengabdian Masyarakat > Penelitian
Depositing User: Misnawar
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:03
Last Modified: 20 Dec 2022 02:04
URI: http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/6241

Actions (login required)

View Item View Item