Penggunaan Gadget, Kejadian Insomnia, dan Remaja.

Mukarromah, Nailul (2022) Penggunaan Gadget, Kejadian Insomnia, dan Remaja. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.

[thumbnail of 1.Cover-Kata Pengantar.pdf] Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[thumbnail of 2.Abstrak.pdf] Text
2.Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[thumbnail of 3.Daftar Isi-Arti Lambang.pdf] Text
3.Daftar Isi-Arti Lambang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[thumbnail of 4.BAB 1.pdf] Text
4.BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[thumbnail of 5.BAB 2.pdf] Text
5.BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[thumbnail of 6.BAB 3.pdf] Text
6.BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[thumbnail of 7.BAB 4.pdf] Text
7.BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[thumbnail of 8.BAB 5.pdf] Text
8.BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[thumbnail of 9.BAB 6.pdf] Text
9.BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[thumbnail of 10.Dapus.pdf] Text
10.Dapus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[thumbnail of 11.Lampiran.pdf] Text
11.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)

Abstract

Gadget merupakan sebuah telepon yang mempunyai sistem operasi yang dapat menjalankan tujuan aplikasi-aplikasi umum dan biasanya memiliki layar besar, serta memiliki kemampuan layaknya komputer. Penggunaan gadget dapat menyebabkan timbulnya gejala insomnia pada seseorang jika gadget yang digunakan tersambung dengan internet dan digunakan secara berlebihan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan penggunaan gadget dan kejadian insomnia pada remaja. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Literature Review yang berisikan rangkuman berbagai kumpulan artikel atau jurnal mengenai penggunaan gadget dan kejadian insomnia pada remaja. Pencarian artikel menggunakan PICOS dengan keyword yang sesuai dengan penelitian. Artikel yang dipilih dengan menggunakan intervensi yang sesuai dengan kriteria inklusi. Sumber pencarian data menggunakan database Google Scholar. Artikel yang terkait dalam bahasa indonesia dari tahun 2018-2022. Hasil: Pengguna gadget terindentifikasi sebagian besar usia 17-20 tahun dan lebih banyak dialami oleh perempuan dibandingkan laki-laki. Analisa: Berdasarkan analisa dari literature review didapatkan nilai P-Value = 0,001 yang berarti terdapat hubungan antara penggunaan gadget dan kejadian insomnia. 1 studi menyatakan nilai OR 4,750 yang berarti penggunaan gadget sebelum tidur >35menit beresiko 4,750 kali mengalami gejala insomnia dibandingkan dengan remaja yang menggunakan gadget sebelum tidur <35 menit. Pembahasan:Penggunaan gadget pada remaja akan berdampak positif yaitu dapat mempermudah dalam mengakses internet untuk pencarian atau pembuatan tugas,namun penggunaan gadget yang tidak terkontrol seperti menggunakan media sosial atau bermain game secara berlebihan akan berdampak negatif pada pola tidur yaitu terganggunya pola tidur (insomnia). Upaya yang dapat dilakukan yaitu masyarakat khususnya remaja agar lebih memaksimalkan pemanfaatan penggunaan gadget tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
Contribution
Contributor
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Dari, Tanty Wulan
nidn4014016801
UNSPECIFIED
Siagian, Hotmaida
nidn4007115901
Additional Information: 4KTI20220029
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Gadget, Kejadian Insomnia, dan Remaja.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan Sidoarjo
Depositing User: Bambang Siswanto
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:24
Last Modified: 20 Oct 2022 02:24
URI: http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/5953

Actions (login required)

View Item View Item