Mukarromah, Nailul (2022) Penggunaan Gadget, Kejadian Insomnia, dan Remaja. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Surabaya.
Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) |
|
Text
2.Abstrak.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
Text
3.Daftar Isi-Arti Lambang.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text
4.BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
Text
5.BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text
6.BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
Text
7.BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
Text
8.BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text
9.BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
10.Dapus.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
Text
11.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
Abstract
Gadget merupakan sebuah telepon yang mempunyai sistem operasi yang dapat menjalankan tujuan aplikasi-aplikasi umum dan biasanya memiliki layar besar, serta memiliki kemampuan layaknya komputer. Penggunaan gadget dapat menyebabkan timbulnya gejala insomnia pada seseorang jika gadget yang digunakan tersambung dengan internet dan digunakan secara berlebihan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan penggunaan gadget dan kejadian insomnia pada remaja. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Literature Review yang berisikan rangkuman berbagai kumpulan artikel atau jurnal mengenai penggunaan gadget dan kejadian insomnia pada remaja. Pencarian artikel menggunakan PICOS dengan keyword yang sesuai dengan penelitian. Artikel yang dipilih dengan menggunakan intervensi yang sesuai dengan kriteria inklusi. Sumber pencarian data menggunakan database Google Scholar. Artikel yang terkait dalam bahasa indonesia dari tahun 2018-2022. Hasil: Pengguna gadget terindentifikasi sebagian besar usia 17-20 tahun dan lebih banyak dialami oleh perempuan dibandingkan laki-laki. Analisa: Berdasarkan analisa dari literature review didapatkan nilai P-Value = 0,001 yang berarti terdapat hubungan antara penggunaan gadget dan kejadian insomnia. 1 studi menyatakan nilai OR 4,750 yang berarti penggunaan gadget sebelum tidur >35menit beresiko 4,750 kali mengalami gejala insomnia dibandingkan dengan remaja yang menggunakan gadget sebelum tidur <35 menit. Pembahasan:Penggunaan gadget pada remaja akan berdampak positif yaitu dapat mempermudah dalam mengakses internet untuk pencarian atau pembuatan tugas,namun penggunaan gadget yang tidak terkontrol seperti menggunakan media sosial atau bermain game secara berlebihan akan berdampak negatif pada pola tidur yaitu terganggunya pola tidur (insomnia). Upaya yang dapat dilakukan yaitu masyarakat khususnya remaja agar lebih memaksimalkan pemanfaatan penggunaan gadget tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Dari, Tanty Wulan nidn4014016801 UNSPECIFIED Siagian, Hotmaida nidn4007115901 |
Additional Information: | 4KTI20220029 |
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Gadget, Kejadian Insomnia, dan Remaja. |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi DIII Keperawatan Sidoarjo |
Depositing User: | Bambang Siswanto |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 02:24 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 02:24 |
URI: | http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/5953 |
Actions (login required)
View Item |