PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN MENGADOPSI MODEL SERVQUAL DI PUSKESMAS, KABUPATEN SIDOARJO-JAWA TIMUR

Windi, Yohanes Kambaru and Harnani, Baiq Dewi and Asnani, Asnani (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN MENGADOPSI MODEL SERVQUAL DI PUSKESMAS, KABUPATEN SIDOARJO-JAWA TIMUR. Project Report. Poltekkes Kemenkes Surabaya, Surabaya.

[thumbnail of YKWINDI LAPORAN AKHIR PDUPT 2021.pdf] Text
YKWINDI LAPORAN AKHIR PDUPT 2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mengevaluasi mutu layanan kesehatan yang dikaitkan dengan kepuasan pasien adalah hal yang mutlak dilakukan oleh penyelenggara layanan kesehatan. Hasil evaluasi akan membantu manajemen penyedia layanan kesehatan untuk memperbaiki serta meningkatkan kualitas sekaligus meningkatkan kepuasan pasien. Loyalitas pasien terhadap suatu lembaga penyedia layanan kesehatan sangat ditentukan oleh kualitas layanan dan persepsi yang positif dari pasien yang diwujudkan dalam bentuk kepuasan. Sejumlah model atau pendekatan telah dikembangkan oleh berbagai ahli. Namun, model atau pendekatan yang ada saat ini masih bersifat umum. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengembangkan suatu Instrumen evaluasi tingkat kepuasan pasien BPJS-Kesehatan terhadap kualitas layanan kesehatan. Hal ini menjadi sesuatu inovasi baru dalam menilai tingkat kepuasan berdasarkan segmentasi masyarakat. Rencana strategis dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu pedoman atau instrumen untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien BPSJ Kesehatan terhadap kualitas layanan kesehatan. Dengan dikembangkannya instrumen penilaian tingkat kepuasan pasien yang lebih spesifik akan membantu stakeholders untuk focus pada indikator-indikator tersebut. Penelitian ini sesuai dengan Rencana Induk Penelitian Poltekkes Kemenkes Surabaya Tahun 2019-2024. Penelitian akan dilaksanakan selama 2 tahun. Tahun pertama akan focus pada pengkajian dan pemetaan indikator kepuasan pasien, sekaligus menciptakan draft panduan evaluasi tingkat kepuasan melalui validasi dengan tim pakar. Selanjutnya tahun ke-2 model yang telah dikembangkan akan di implementasikan untuk mendapatkan model yang terstandar. Penelitian tahun pertama ini telah selesai dialksanakan sesuai perencanaan. Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan adalah pengumpulan data (wawancara dan survey kepada pasien), analisa data, dan interpretasi data dan penulisan artikel bakal journal internasional yang direncanakan sebagai luaran wajib penelitian ini. Dari hasil wawancara terhadap 30 pasien di lima Puskesmas di Kabupaten Sidoarjo, telah ditemukan 157 item yang dipersepsi pasien sebagai indikator untuk menentukan kepuasan terhadap layanan kesehatan. Selanjutnya 157 items tersebut di sederhanakan menjadi 34 indikator kepuasan yang dikelompokan ke dalam lima komponen utama SERVQUAL Model. Selanjutnya survey dilakukan kepada 300 pasien untuk mengukur sejauh mana ke 37 indikator kepuasan valid dan reliable dipakai sebagai pedoman untuk membuat instrument mengukur tingkat kepuasan pasien. Dari hasil analisa statistic disimpulkan bahwa ke 34 indikator tersebut valid dan reliabel sebagai indikator kepuasan pasien. Instrumen evaluasi kepuasan pasien telah dikembangkan dan akan diuji validitas dan relibailitasnya pada tahun-2 penelitian. Penelitian memiliki target akhir yaitu pengembangan instrument pengukur tingkat kepuasan, publikasi, mengikuti konferensi internasional, dan penerbitan Hak Kekayaan Intelektual. Sampai dengan saat ini, artikel sudah diterima di International Journal of Public Health Science (IJPHS) terindeks Scopus dan Shinta 1. Artikel tersebut masih dalam proses review. Selanjutnya hasi penelitian juga telah di presentasikan di the 1st International Conference on Nursing and Public Health” ICoNPH 2021 yang merupakan bagian dari the 4th International Conference of Health Polytechnic of Surabaya, ICoHPS, 2021, yang diselenggarakan 6-7 Oktober 2021. HAKI akan diajukan bila jurnal sudah terbit.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > Public health > Public health service
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Pusat Penelitan dan Pengabdian Masyarakat > Penelitian
Depositing User: Nanik Indra Putri Sari
Date Deposited: 19 Jan 2022 01:07
Last Modified: 19 Jan 2022 01:07
URI: http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

View Item View Item