PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA LEAFLET DENGAN VIDEO TENTANG PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA MATERI MAKANAN JAJANAN (Studi Penelitian di SDN Kertajaya IX/215 Kecamatan Gubeng Kota Surabaya Tahun 2018)

Rakhmawati, Dina and Haidah, Nur and Suprijandani, Suprijandani (2018) PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA LEAFLET DENGAN VIDEO TENTANG PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA MATERI MAKANAN JAJANAN (Studi Penelitian di SDN Kertajaya IX/215 Kecamatan Gubeng Kota Surabaya Tahun 2018). Gema Kesehatan Lingkungan, 16 (3). pp. 300-308. ISSN 1693-3761 (p), 2407-8948 (e)

[thumbnail of 29.pdf] Text
29.pdf

Download (295kB)

Abstract

Makanan jajanan menurut WHO (World Health Organization) adalah makanan dan minuman yang dipersiapkan dan dijual oleh pedagang kaki lima di jalanan dan tempat-tempat yang ramai atau tempat-tempat umum yang dapat dimakan atau dikonsumsi tanpa pengolahan lebih lanjut. Selama ini masih banyak makanan jajanan yang berpotensi dapat mengganggu kesehatan, seperti keracunan makanan. Dalam upaya menghindari terjadinya keracunan makanan maka perlu meningkatkan pengetahuan dan sikap anak usia sekolah tentang makanan jajanan menggunakan alat bantu atau media promosi, seperti media leaflet dan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyuluhan menggunakan media leaflet dengan video tentang pengetahuan dan sikap siswa materi makanan jajanan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen one group pre-post test design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 51 siswa kelas V pada responden kelompok media leaflet dan 51 siswa kelas V pada responden kelompok media video. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara analitik menggunakan paired t test pada program komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan rata-rata nilai tingkat pengetahuan tentang makanan jajanan sebelum dengan sesudah dilakukan penyuluhan pada kelompok media leaflet dengan p value (0,032) < α (0,05), sedangkan pada sikap kelompok media leaflet dan pengetahuan serta sikap kelompok media video tidak terdapat perbedaan yang signifikan p value > α (0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini diketahui bahwa penggunaan media leaflet dalam penyuluhan lebih baik dibandingkan dengan media video terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap responden. Disarankan agar sekolah melakukan penyuluhan secara berkala menggunakan bantuan media leaflet.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Media Leaflet dan Video
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental > Environmental Engineering > Environmental Health
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Pusat Penelitan dan Pengabdian Masyarakat > Pubikasi
Depositing User: Nanik Indra Putri Sari
Date Deposited: 01 Dec 2021 08:27
Last Modified: 01 Dec 2021 08:27
URI: http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/id/eprint/3579

Actions (login required)

View Item View Item